• 01.jpg
  • 02.jpg
  • 03.jpg
  • 04.jpg
  • 05.jpg
  • 06.jpg
  • 07.jpg
  • 08.jpg
  • 09.jpg
  • 10.jpg
  • 11.jpg
Dokumen Adendum ANDAL dan RKL-RPL Penambahan Stockpile Batubara-IBT (2012)

Penyusunan Dokumen Adendum ANDAL dan RKL-RPL Penambahan Stockpile Batubara PT. Indonesia Bulk Terminal, Pulau Laut, 2012

Pemrakarsa            : PT. Indonesia Bulk Terminal (IBT)

Kegiatan Usaha     : Pengelola Pelabuhan Batubara

Luas Lahan             : ± 92 Ha

Lokasi                       : Desa Gosong Panjang, Kec. Pulau Laut Barat, Kab. Kotabaru, Kalimantan Selatan

 

PT. Indonesia Bulk Terminal (IBT) adalah pengelola Pelabuhan Mekar Putih yang merupakan terminal umum batubara, terletak di Pulau Laut. Pembangunan pelabuhan ini dilakukan pada tahun 1993 dan secara komersial telah beroperasi pada tahun 1997. Pelabuhan Mekar Putih menyediakan tempat penimbunan batubara, dilengkapi dengan dermaga tongkang untuk kegiatan bongkar batubara dan dermaga kapal untuk memuat batubara. Pelabuhan ini bertaraf internasional, melayani pemuatan ekspor batubara ke kapal pengangkut batubara dari berbagai negara

Pembangunan dan pengoperasian pelabuhan ini telah dikaji dalam dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL) tahun 1993, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1986 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup.

Seiring dengan peningkatan permintaan batubara di pasar dunia, industri pertambangan batubara pun mengalami peningkatan produksi yang berimbas pada meningkatnya kebutuhan tempat penimbunan batubara (terminal) sebelum dilakukan ekspor. Kapasitas penimbunan batubara yang tersedia di Pelabuhan Mekar Putih sudah tidak lagi mampu memenuhi permintaan para pengguna (users). Guna mengantisipasi kebutuhan tersebut, maka manajemen IBT berencana membangun dua (2) unit stockpile tambahan dengan kapasitas total sebanyak 900.000 ton batubara.

Guna memenuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan surat arahan penyusunan dokumen lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup Nomor B-5833/Dep.I/LH/PDAL/06/3012, maka IBT (dibantu tim kami) menyusun dokumen dokumen Adendum ANDAL dan RKL – RPL rencana pembangunan tempat penimbunan batubara (stockpile) tambahan di Pelabuhan Mekar Putih ini untuk mengetahui adanya dampak yang mungkin timbul akibat adanya pembangunan fasilitas tambahan berupa tempat penimbunan batubara (stockpile) tersebut. Dokumen ini selanjutnya dinilai oleh Komisi Penilai AMDAL Kabupaten Kotabaru, dan telah mendapat persetujuan dari Bupati Kotabaru berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kotabaru Nomor 188.45/512/KUM/2012 tentang Kelayakan Lingkungan Kegiatan Pembangunan Tempat Penimbunan Batubara (Stockpile) Tambahan Oleh PT. Indonesia Bulk Terminal yang Berlokasi di Desa Gosong Panjang, Kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten Kotabaru, tanggal 23 November 2012.

 

 

Peta Lokasi